10 KM Under 60 Minutes Project

Proyek 10 km Under 60 Minutes (#10Under60) adalah proyek lari saya di tahun 2015 ini. Seperti namanya, target proyek ini adalah untuk menyelesaikan lomba lari 10 KM di bawah 60 menit.

10 KM Under 60 Minutes
Semua bisa lari kencang kalau dikejar Clone Trooper

Kenapa sih 10 km? Padahal kan saya sudah menyelesaikan 3 Marathon? Kenapa tidak fokus memeprbaiki catatan waktu Marathon saja? Atau beralih ke Ultra Marathon?

Alasan pertama adalah waktu. Latihan Marathon, apalagi Ultra Marathon, membutuhkan komitmen waktu yang banyak. Sementara, kondisi keluarga saya saat ini menuntut saya untuk lebih banyak waktu di rumah. Apalagi anak saya akan mulai sekolah setiap hari mulai bulan Agustus. Jadi, untuk tahun ini, saya memutuskan untuk tidak ikut Marathon, dan akan lebih fokus ke jarak yang lebih pendek.

Alasan kedua, variasi. Lari jarak jauh seperti Marathon atau Half Marathon menggunakan otot yang berbeda dengan lari jarak yang lebih singkat, seperti 5 km dan 10 km. Setelah 2 tahun terakhir berlatih Marathon, otot untuk lari jarak pendek saya menjadi kurang terlatih. Hal ini terlihat dari catatan waktu 10 km saya, dari 63 menit di Februari 2013, melorot hingga hampir 90 menit. Harapannya, sambil berlatih untuk 10 km, catatan waktu saya juga akan lebih baik ketika saya memutuskan kembali berlari Marathon.

Lalu, kenapa tidak mulai dari 5 km? Well, karena, saya sudah pernah menyelesaikan lomba lari 5 km dibawah 30 menit. Catatan waktu terbaik saya untuk 5 km adalah 28 menit 44 detik. Menurut teori, seharusnya saya bisa menyelesaikan lomba 10 km dibawah 60 menit.

Jadi, inilah yang menjadi target saya: Menyelesaikan lari 10 km dibawah 60 menit

Leave a Reply