Bike 2 Work Edisi 2: Pamulang – Pondok Indah

Weather Forecast 14 Jan 2015Setelah gagal Bike 2 Work tanggal 13 yang lalu, akhirnya meniatkan diri untuk mencoba Bike 2 Work edisi 2 ini hari Kamis tanggal 14 January 2015. Pagi hari menjelang subuh terdengar suara hujan. Untungnya sewaktu bangun tidur, hujan sudah berhenti. Turun ke bawah, lalu sarapan, sambil cek perkiraan cuaca. Mendung berawan, begitu kira-kira laporan perkiraan cuaca. Well, mungkin jalanan akan sedikit becek setelah hujan pagi tadi, tapi paling tidak gak harus naik sepeda sambil hujan-hujanan.

Habis makan, ganti baju, langsung bawa si biru Polygon Helios 400 ke luar. Rute yang di pilih adalah dari gedung bekas Hero Pamulang, lewat perumahan Gria Jakarta, Tanah Tinggal, Tegal Rotan, Bintaro Jaya, Kompleks Deplu hingga Pondok Indah. Rute ini lebih jauh dari rute Pamulang – Ciputat – Lebak Bulus. Tapi, biar agak muter dikit, supaya menghindari bis-bis besar di sepanjan Ciputat-Lebak Bulus. Rute perjalanan yang dipilih sejauh 18 km.

My Cycling Route: Hero Pamulang to Pondok Indah Mall
Rute Bike 2 Work Edisi 2, dari Hero Pamulang sampai Pondok Indah Mall

Segmen pertama dari Hero Pamulang hingga Tanah Tinggal sejauh 5 km, merupakan rute bike 2 work edisi 1 menuju Sudimara. Saya cukup hafal rute ini, setelah 2 tahun bike 2 work. Sampai pertigaan Tanah Tinggal, biasanya saya belok kiri menuju Stasiun Sudimara. Kali ini saya belok kanan menuju Tegal Rotan dan Perumahan Bintaro Jaya.

Jalan dari Tanah Tinggal menuju Tegal Rotan ternyata cukup becek. Ini yang saya khawatirkan, karena Helios 400 tidak memiliki fender. Sudah berusaha jalan sepelan mungkin supaya cipratan air tidak terlalu banyak. Tas pun sudah di tutup dengan sarung anti air. Tapi apa boleh buat, cipratan air tetap naik membasahi celana dan sarung tas. Akhirnya saya tidak sabar juga, dan mempercepat laju sepeda melewati Tegal Rotan.

Rute sepanjang Perumahan Bintaro Jaya sebenarnya cukup nyaman. Jalanan yang mulus cocok dengan road bike dengan roda tipis. Di sini speda bisa dipacu hingga 25-30 km/jam. Jalanan sedikit padat antara sektor 7 hingga Masjid Raya Bintaro Jaya dekat sektor 2. Selepas sektor 2, masuk ke Jalan Kesehatan yang menjadi 1 arah di pagi hari, sepeda kembali bisa dipacu 25-30 km/jam.

Selepas Bintaro Jaya, saya belok masuk ke arah Deplu. Pondok Pinang. Satu tantangan di segmen ini adalah jalan yang berkontur. Ada turunan yang cukup tajam, dilanjutkan tanjakan yang tajam. Tak jauh kemudia, tanjakan terakhir menjelang Pondok Pinang Center, sebelum akhirnya masuk ke Perumahan Pondok Indah.

Bike Parking at Pondok Indah Mall 2
Parkir Sepeda di sisi Selatan Pondok Indah Mall 2

Setelah parkir di Pondok Indah Mall 2, Endomondo menunjukkan 18.96 km. Jarak ini ditempuh sekitar 1 jam 3 menit, waktu yang kurang lebih sama apabila saya menggunakan mobil dari Pamulang ke Pondok Indah, via Ciputat – Lebak Bulus. “Not bad”, pikir saya.

Bagaimana rasanya masuk kerja setelah bersepeda selama 1 jam? Setelah mandi, yang saya rasakan pertama kali adalah lapar. Sebelum naik ke kantor, saya mengisi perut dengan jus alpukat murni untuk sumber energi. Badan pun kembali terasa segar setelah menghabiskan jus alpukat. Pikiran pun lebih segar, karena tidak keburu lelah dengan macetnya Jakarta.

Menjelang sore tiba-tiba kepikiran, kalo pulangnya masih harus gowes 18 km lagi, dan langit sudah mulai mendung…….

Avocado for Brunch
Post Bike 2 Work breakfast: Avocado Juice, with the rest of Jakarta in the background

Rute perjalanan ini bisa dilihat di Endomondo atau di download sebagai .gps file di tautan ini.

Leave a Reply