Bike 2 Work Pamulang – Pondok Indah: Rute Baru

On the Road
Caught in the act. Tertangkap basah oleh Aris Caka

Rabu pagi kemarin saya kembali Bike 2 Work menuju Pondok Indah. Karena rute Bike 2 Work saya yang pertama dirasa terlalu jauh memutari Perumahan Bintaro Jaya, kali ini saya berniat untuk mencari rute yang lebih pendek.

Perjalanan diawali dengan rute sama, dari Hero Pamulang melewati Perumahan Gria Jakarta, Jalan Beringin, hingga Tanah TInggal, KM 5. Dari Tanah Tinggal, saya tidak belok kiri masuk jalan kecil menuju Bintaro Xchange, tapi lurus mengikuti jalan raya sampai perempatan McDonalds Tegal Rotan. Rute hari ini bisa dilihat di gambar dibawah

Hero Pamulang to Pondok Indah Route 2
Rute Bike 2 Work tanggal 21 Januari 2015

Perempatan McDonalds Tegal Rotan ini terkenal suka macet. Namun dengan sepeda, saya bisa lebih fleksibel dari sepeda motor. Saya tinggal angkat sepeda naik trotoar, dan melompati 1-2 lubang saluran air yang terbuka. Gak mungkin kan angkat sepeda motor untuk melompati lubang saluran air?

Dari perempatan McDonalds Tegal Rotan saya mengambil rute lurus. Menurut peta, seharusnya saya akan tiba di sekitar Stasiun Pondok Ranji. Bagian jalan ini agak kecil dan padat. Cuma muat 1 mobil, sehingga kecepatan pun melambat dibandingkan melalui Bintaro Xchange.

A Short Break
Kiri? Atau Kanan?

Cukup senang ketika akhirnya sampai di pertigaan ujung jalan kecil dan padat ini, sekitar KM 9. Di pertigaan ini saya berhenti sebentar untuk minum, sambil memeriksa peta.

Agak bingung melihat peta di Google Map, karena saya kurang paham dengan daerah sekitar. Akhirnya saya memutuskan percaya dengan angkot merah 08, dan belok kiri. Cukup lama mengikuti angkot ini, belok kanan, lalu kiri. Sampai tiba-tiba saya muncul di jalan raya, tepat didepan Mesjid Raya Bintaro Jaya, di KM 12.

Dari sini, saya mengikuti rute yang sama seperti Bike 2 Work minggu lalu, termasuk rute melewati Jl. Sultan Iskandar Muda. Cukup puas melewati Jl. Sultan Iskandar Muda, dengan jalan yang sedang mulus, sehingga sepeda bisa di pacu hingga 40 km/jam.

Breakfast at Starbucks
Sarapan pagi setelah mandi di Starbucks terdekat

Total panjang perjalanan sejauh 17.76 km, lebih singkat 1 km dari perjalanan minggu lalu. Meskipun demikian, waktu tempuh tidak berbeda jauh, karena rute hari ini melewati jalan yang lebih padat.

Rute perjalanan ini bisa dilihat di Endomondo atau di download sebagai .gps file di tautan ini.

One thought on “Bike 2 Work Pamulang – Pondok Indah: Rute Baru”

Leave a Reply