Bike to Work #3 2015: Persiapan Adalah Segalanya

Pagi hari ini, hampir 24 jam setelah saya Bike 2 Work kemaren, bahu kiri saya masih terasa pegal. Bukan karena Bike 2 Work-nya, tapi lebih karena persiapan yang kurang matang.

Persiapan saya untuk Bike 2 Work biasanya dimulai sehari sebelumnya. Tapi, setelah beberapa minggu terakhir selalu hujan di pagi hari, minggu ini saya berpikir: “Ah, sudahlah, nanti saja tunggu kalau sudah musim kemarau.” Ketika pagi kemaren bangun dan matahari pagi bersinar keemasan, sulit rasanya menolak godaan untuk Bike 2 Work.

Berikut ini persiapan Bike 2 Work yang biasanya saya lakukan:

Stay Presentable
Baju ganti di kantor disiapkan beberapa hari sebelumnya
  1. Beberapa hari sebelumnya, bawa kemeja untuk disimpan di locker kantor. Kemeja ini untuk digunakan selama waktu kerja di hari Bike 2 Work.
  2. Sehari sebelumnya, bawa sepatu kerja cadangan untuk ditinggal di kantor, supaya sewaktu Bike 2 Work tidak perlu bawa sepatu kerja
  3. Sore hari sebelum Bike 2 Work, ganti messenger bag yang biasanya saya bawa dengan backpack olah raga yang lebih ringan. Cukup bawa barang-barang yang penting, seperti ipad dan buku catatan.
  4. Malam hari sebelum tidur, siapkan baju dan celana sepeda, jaket, celana panjang kantor dan pakaian dalam.

Poin 1 dan 2 di atas sudah disiapkan di kantor jauh-jauh hari dimana rencana Bike 2 Work digagalkan oleh hujan atau bangun kesiangan. Yang jadi masalah, karena saya tidak berencana Bike 2 Work, saya membawa pulang messenger bag dengan segala isinya. Jadilah di pagi hari, saya berangkat Bike 2 Work dengan messenger bag yang cukup berat dan padat , semakin berat karena ditambah celana panjang dan jaket.

Messenger bag memiliki kekurangan dibandingkan backpack. Messenger bag cuma memiliki 1 strap yang membebani satu sisi bahu, sedangkan backpack memiliki 2 strap yang membagi beban pada 2 bahu. Ditambah dengan isi tas yang cukup berat, setiap kali melewati jalanan yang kurang rata, tas akan bergerak memantul diatas punggung, menambah ketidaknyamanan Bike 2 Work.

Lain kali sepertinya, hujan atau tidak, persiapan Bike 2 Work tetap harus dilakukan.

2 thoughts on “Bike to Work #3 2015: Persiapan Adalah Segalanya”

Leave a Reply