Combi Run 2015: Lomba Pertama di Alam Sutra

Acara lari Combi Run 10k 2015 merupakan lomba pertama saya di Alam Sutra, sekaligus ajang percobaan kedua saya untuk berlari sejauh 10 km dalam waktu dibawah 60 menit. Sejujurnya saya masih tidak berharap banyak akan mencapai target 60 menit, bahkan untuk lebih baik dari Telkomsel HaloFit Run 2015 dimana saya menyelesaikan lari 10 km dalam waktu 1 jam 9 menit.

Berdiri di area start dengan posisi agak belakang karena tidak mengejar target, saya malah sibuk ngobrol dengan beberapa teman, sesama pelari tanpa target. Karena start dari posisi cukup belakang, butuh hampir 2 menit ketika saya akhirnya melewati garis start.

Kilometer-kilometer awal dilalui dengan menyusuri rute belakang Living World, melewati club house golf Alam Sutra. Angin semilir dingin cukup membantu menjaga suhu tubuh dan detak jantung untuk berlari lebih kencang. Sepertinya bukan hanya saya yang merasa terbantu. Mendekati 4 km, rombongan pelari masih cukup padat. Padahal, di kebanyakan lomba lari lainnya, kepadatan pelari sudah berkurang melewati 2 km.

Melewati 5 km, matahari mulai naik. Cuaca mulai panas dan rute melewati jalan utama Alam Sutera yang masih jarang pepohonan. Untungnya rute hingga 5 km ini cukup rata, sehingga saya masih sanggup menjaga kecepatan. Akan tetapi banyak yang sudah mulai jalan, sehingga kepadatan pelari mulai berkurang.

Ketika memasuki checkpoint 6 km di depan Mall Alam Sutera, waktu menunjukkan kecepatan saya rata-rata 6:15 menit/km. Cukup senang, karena dengan kecepatan ini saya akan finish lebih cepat dari Telkomsel HaloFit Run.

Saya sempat berharap untuk paling tidak menyamai rekor terbaik saya untuk 10 km. Tapi memang, jumlah latihan yang kurang tidak bisa ditipu. Melewati 8 km, saya mulai kedodoran dan sempet beberapa kali jalan kaki. Pada akhirnya saya harus puas untuk finish dengan waktu chip 1 jam 5 menit.

Hasil Lomba Combirun 2015
Hasil lomba Combirun 2015 10k

Terus terang, untuk yang hanya latihan lari 5-7 km per minggu, hasil ini cukup bagus. Setidaknya hasil latihan core sejak awal tahun sudah menunjukkan hasil dengan memangkas waktu 10 km dari 1 jam 22 menit menjadi 1 jam 5 menit.

Lalu, bagaimana caranya memangkas 5 menit lagi untuk mencapai 10 km di sisa 3 bulan di tahun 2015? Selain melanjutkan latihan core, jumlah latihan lari per minggu juga harus ditingkatkan. Jadi yuk, lari dulu….

Leave a Reply