Grow Your Own Food

Salah satu cita-cita saya dari dulu yang belum kesampaian adalah untuk punya kebun herbal. Isinya yang saat ini terpikir antara lain tanaman Basil, Mint, Parsley, Coriander, Kemangi dan Seledri.

“Lah tapi beli ajah kan gampang”, menurut beberapa orang. “Blom tentu juga sih”, jawab saya. Ada beberapa kejadian dimana saat membutuhkan beberapa herb untuk masak, saya tidak bisa menemukannya di supermarket. Bahkan pernah dicari hingga 2-3 supermarket, tetap tidak ada.

Lemon Basil
Panen pertama Kemangi (Lemon Basil), usia 4 minggu

Di waktu lain, saat butuh hanya beberapa jumput parsley dan mint, yang tersedia di supermarket adalah seiikat besar. Pernah akhirnya sisa Parsley dan Mint tersebut dimasukkan ke dalam freezer. Ketika akan digunakan lagi, meskipun rasa dan warna masih dapat diterima, tekstur sayuran dari freezer sudah sangat jauh berubah.

Bukan hanya ketersediaan herb dalam jumlah kecil saja yang terjamin. Menanam sayuran sendiri juga memiliki keuntungan berikut:

  1. It is fun. Menanam di atas tanah, di dalam pot, atau hidroponik merupakan kegiatan yang selalu menarik perhatian anak-anak. Kegiatan ini bisa sebagai aktivitas untuk mengisi waktu selama liburan.
  2. Lebih hemat (Sedikit). Mungkin bukan saya saja yang merasa bahwa harga bahan makanan, termasuk sayuran, semakin mahal. Biaya untuk berkebun biasanya hanya mahal untuk investasi awal pembelian pot, media tanam, pompa dll. Penanaman dan perawatan tanaman tidak terlalu mahal, sehingga bisa membantu sedikit berhemat
  3. Bisa jadi bisnis. Saya sudah banyak mendengar dan melihat secara langsung petani-petani pot atau hidroponik yang bisa menjual hasil produksinya. Jadi, yang dijual adalah surplus setelah dipisahkan untuk konsumsi sendiri. Mungkin dengan skala besar bisa cukup sebagai penghasilan utama?
  4. Lebih sehat. Dengan menanam sendiri, kita tahu bahan apa yang digunakan selama menanam, seperti jenis pupuk. Bahkan kita juga bisa menghindari penggunaan pestisida kimia, apabila kita mau belajar untuk mengatasi hama dengan pestisida alami.
Family Affair
Menggarap pipa PVC bersama si kecil untuk dijadikan pot tanaman hidroponik

Gak punya lahan? Dengan adanya pot dan metode hidroponik, lahan kecil bukan jadi alasan. Dalam blog ini saya akan mulai membagikan beberapa tips dan trik untuk berkebun dengan pot dan hidroponik. Lets grow our own food.

Leave a Reply