Persiapan Bike 2 Work Edisi 2

Weekend kemaren saya menghabiskan waktu untuk mempersiapkan sepeda Polygon Helios 400 untuk bike 2 work edisi 2. Kenapa edisi 2? Karena saya selama ini sudah bike 2 work edisi 1, yaitu edisi campur sari. Saat ini untuk mencapai kantor, saya sepedaan sekitar 5 km, lalu naik kereta Commuter Line, disambung dengan sepeda motor. Selengkapnya transportasi saya saat ini ada di tautan ini.

Skull Back Light
Lampu Belakang, biar selalu terlihat di malam hari

Dalam edisi 2 ini, rencana saya adalah untuk full bike 2 work dari rumah ke kantor. Jaraknya pun otomatis lebih jauh. Kalau diukur dengan mobil sekitar 12 km. Persiapan yg dibutuhkan juga lebih banyak.

Dulu, saya cukup mandi di rumah. Bersepeda 5 km di jalan yang tidak terlalu ramai tidak terlalu bikin bau dan berkeringat. Sekarang, saya butuh mandi di kantor, karena bersepeda 12 km di antara bis kota tentu membuat badan bau asap, lengket dan berkeringat. Persiapan pertama yang saya lakukan adalah dengan mendaftar di sebuah gym di gedung sebelah kantor

Sewaktu masih naik commuter line, saya cukup bawa baju ganti. Saya bisa naik sepeda 5 km dengan celana dan sepatu kerja. Tentunya hal ini cukup tidak nyaman untuk bersepeda sejauh 12 km. Selain celana jadi bau dan berdebu, sepatu juga bisa cepat rusak. Persiapan kedua yang saya lakukan adalah dengan meninggalkan sepatu dan kemeja kerja di kantor. Kok kemeja? Ya, supaya space untuk kemeja bisa saya gunakan untuk bawa celana kerja.

Persiapan terakhir adalah sepeda yang nyaman. Sepeda Federal saya cukup nyaman untuk dipakai sejauh 5 km. Tapi, untuk jarak yang lebih jauh, sepeda tersebut agak berat. Makanya saya mau coba dengan sepeda Polygon Helios 400. Persiapan saya selama akhir minggu kemaren tiday banyak. Saya hanya memindahkan lampu2 dan perlengkapan darurat sepeda ke Helios 400 ini. Daftar perlengkapannya pun sama seperti yang saya gunakan sekarang, bisa dilihat di tautan ini.

Front Light
Lampu depan. Mendukung mode kedip atau selalu menyala

So, tinggal tunggu tanggal mainnya, besok tanggal 13 Januari. Sekarang tinggal persiapan mental dan semoga cuaca lebih cerah dari pagi ini. See you on the road

Leave a Reply