Yuk Urus Paspor Online

Saya masih ingat, pertama kali urus paspor di tahun 1999, saya harus bolak balik 3 kali ke kantor imigrasi. Setiap kali datang pasti diikuti dengan antrian, meskipun sudah datang sepagi mungkin menurut akal sehat saya. Akhirnya, banyak yang lebih memilih mengurus lewat biro jasa, atau calo.

Hampir 16 tahun kemudian, pengurusan paspor sudah jauh lebih mudah. Bahkan, dengan sistem permohonan paspor online, kita cukup datang 2 kali:

  1. Pertama untuk foto, pengambilan sidik jari dan wawancara
  2. Kedua untuk pengambilan paspor, 3 hari setelah foto

Dibandingkan 5 tahun yang lalu, aplikasi permohonan paspor online sudah lebih mudah. Saat ini sudah tidak perlu memasukkan hasil pemindaian dokumen yang cukup membingungkan. Pemeriksaan dokumen akan dilakukan saat kita mengunjungi kantor imigrasi.

Sayangnya, beberapa waktu yang lalu, ada perubahan sistem yang menyebabkan permohonan paspor online hanya untuk paspor biasa 48 halaman. Permohonan paspor biometrik tidak bisa dilakukan secara online.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk menggunakan sistem permohonan paspor online? Berikut ini langkah-langkah untuk permohonan paspor online:

  1. Masuk ke website permohonan paspor online melalui website Direktorat Jendral Imigrasi
  2. Pilih menu Pra Permohonan Personal. Lalu isi semua form selengkap mungkin. Pastikan tidak ada kesalan pengisian.
  3. Juga pastikan alamat email yang diisi bisa diakses, karena akan ada beberapa konfirmasi yang dilakukan via email.
  4. Setelah pengisian selesai, aplikasi paspor online akan mengirimkan email berisi lampiran instruksi untuk melakukan pembayaran di bank BNI. Cetak atau tunjukkan lampiran email ini ke bank BNI terdekat untuk melakukan pembayaran.
  5. Bank BNI akan memberikan bukti pembayaran, dengan nomor jurnal. Setelah melakukan pembayaran, klik link yang ada di email instruksi pembayaran. Masukkan nomor jurnal yang ada di bukti pembayaran ke form yang muncul.
  6. Apabila nomor jurnal sesuai, maka akan muncul pilihan waktu kedatangan ke kantor imigrasi yang dipilih pada langkah 2.
  7. Setelah semua selesai, maka akan ada email selanjutnya yang berisi undangan untuk ke kantor imigrasi yang dipilih. Cetak email ini, dan siapkan semua dokumen pendukung sebelum ke kantor imigrasi

Catatan penting!

  • Langkah nomor 4 sampai 5 harus diselesaikan dalam waktu 7 hari kerja. Apabila melewati 7 hari kerja, maka harus melakukan aplikasi ulang, meskipun sudah membayar di bank BNI
  • Setelah langkah nomor 7 selesai, kedatangan ke kantor imigrasi tidak harus sesuai hari yang kita tentukan. Maksimum adalah 7 hari kerja setelah hari yang kita tentukan

4 thoughts on “Yuk Urus Paspor Online”

  1. kalo hanya mau perpanjang, dokumen apa aja yg perlu dibawa, selain buku passport lamanya ya? Saya sdh lakukan prosedur onlinenya. Mohon infonya.
    Thanks.

    1. Sudah bayar? Kalau sudah bayar, dan confirm tanggal datangnya, nanti akan ada email lagi dari website SPRI untuk konfirmasi dan daftar dokumen yang harus dibawa

      Pada dasarnya perpanjang itu hampir sama dengan bikin baru. Persyaratannya Akte Lahir, Kartu Keluarga, KTP, Surat Referensi dari kantor. List lengkapnya ada di email kedua dari website e-paspor

Leave a Reply