Categories
For Human Being

Berolahraga Ditengah Lockdown

Meskipun kita sedang tidak bisa kemana-mana dalam masa Lockdown COVID-19, bukan berarti kita tidak berolah raga. Bahkan, olah raga tetap diperlukan selama periode Lockdown ini, karena kita cenderung kurang bergerak di dalam rumah dan sebentar-sebentar buka kulkas untuk ngemil.

Buat saya sendiri, olah raga secara teratur membantu menjaga mood, tingkat energi dan konsentrasi. Hal ini menjadi lebih penting, karena selama periode Lockdown ini kesibukan di rumah justru berkali-kali lipat, antara urusan pekerjaan dan menjadi guru bagi anak yang juga belajar di rumah.

Untuk yang terbiasa berolah raga di Gym, tentu saja

  • Lari pagi atau bersepeda di luar. Dengan berolah raga di luar, kita juga mendapatkan sinar matahari yang dibutuhkan sebagai sumber Vitamin D. Tetap lakukan prosedur keamanan selama COVID-19, dengan tidak berlari secara bergerombol, menjaga jarak ketika mendahului, dan segera mandi dan cuci semua pakaian setelah pulang ke rumah.
  • Untuk yang merasa berolah raga di luar memiliki resiko tinggi tertular COVID-19, pilihan lari di treadmill dalam ruangan juga bisa dilakukan. Tentunya diperlukan peralatan tambahan berupa treadmill. Dan saya sendiri cepat merasa bosan ketika berlari di atas treadmill.
  • Aplikasi Freeletics merupakan pilihan saya untuk berolah raga tanpa keluar rumah, atau sedang tidak memiliki waktu panjang untuk olah raga. Cukup dengan 20-30 menit, aplikasi Freeletics memberikan aktivitas intensive (HIIT, High Intensity Interval Training) yang bisa dilakukan di dalam ruangan.
  • Untuk penggemar Yoga, olah raga ini juga bisa menjadi pilihan. Salah satu aplikasi yang pernah saya coba adalah Daily Yoga. Aplikasi ini memberikan menu latihan Yoga yang bisa dilaksanakan di dalam ruangan, atau di teras rumah.

Selamat berolah raga, dan tetap jaga kesehatan.

Photo by Jonathan Borba on Unsplash

Categories
For Human Being

Praktek Meditasi Harian

Mind over body, sebuah istilah yang cukup populer di dunia psikologi dan kesehatan. Namun buat saya, it is Mind And Body. Keduanya antara pikiran dan raga harus berjalan selaras. Tidak cukup hanya melatih raga saja, melalui olah raga, tanpa melatih pikiran. Dan begitu juga sebaliknya, melatih pikiran juga harus diikuti dengan latihan raga.

Salah satu bentuk latihan pikiran adalah dengan meditasi. Ada banyak cara untuk belajar meditasi, bisa secara daring melalui beberapa podcast, video Youtube atau aplikasi seperti Headspace dan Insight Timer, atau juga bisa dengan tatap muka, seperti melalui kelas-kelas reguler yang diadakan Bali Usada.

Latihan pikiran melalui meditasi sangat baik dilakukan setiap hari. Tidak perlu lama, cukup 10-15 menit akan membantu kita memiliki fokus yang lebih baik, pikiran lebih positif dan emosi yang lebih stabil.

Berikut ini adalah latihan meditasi yang saya lakukan setiap hari antara 10-20 menit. Masing-masing bagian lamanya sekitar kurang lebih 5-10 menit, sehingga apabila sedang terburu-buru, saya melewati bagian ketiga.

  1. Loving-Kindness. Meditasi diawali dengan membentuk pikiran positif, dengan berharap agar kita, orang-orang di sekitar kita, orang-orang lain, dan seluruh alam semesta dalam keadaan sehat dan bahagia
  2. Mindfulness. Bagian kedua ini adalah melatih fokus pikiran ke saat ini, untuk melatih kita lebih sadar dan fokus akan apa yang kita lakukan, akan lingkungan sekitar kita. Setelah tahapan loving-kindness, latihan mindfulness juga mengurangi kekhawatiran berlebihan akan masa depan.
  3. Body Scan. Setelah memiliki fokus yang baik, maka selanjutnya kita berbicara dan merasakan tiap bagian dari badan kita. Tujuannya untuk mendengarkan badan kita apabila ada yang sakit, yang tegang, atau yang terasa tidak enak. Lalu, bagian-bagian ini direspon dengan pikiran positif. Bagian ini bisa dimulai dari ubun-ubun kepala ke ujung kaki, atau sebaliknya.

Masih banyak meditasi-meditasi lainnya untuk melatih pikiran dan mental kita, seperti meditasi Gratitude, Chakra, Grounding, dan lain sebagainya. Meditasi lainnya tersebut bisa digunakan sebagai tambahan dari meditasi inti sebagai bagian dari praktek meditasi rutin.

Selamat bermeditasi. May you all be happy, healthy, well and in peace.

Photo by JD Mason on Unsplash